Meningkatkan Keberdayaan UMKM di Kabupaten Bone melalui Workshop Literasi Keuangan

Authors

  • Nurul Fadilah Aswar Universitas Negeri Makassar
  • Rezky Amalia Hamka Universitas Negeri Makassar
  • Nur Indah Atifah Anwar Universitas Negeri Makassar
  • Muh Ilham Aksir Universitas Negeri Makassar
  • Harnita Rosalia Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Literasi Keuangan, Manajemen Keu, Manajemen Keuangan Usaha, UMKM

Abstract

Kegiatan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) ini dilaksanakan secara luring pada tanggal 7 April 2024 dengan tujuan meningkatkan literasi keuangan pengelola UMKM di Kabupaten Bone. Kegiatan ini terdiri dari tiga tahapan: asesmen, pelatihan dan workshop, serta evaluasi.

Pada tahap asesmen, tim melakukan survei awal untuk memetakan kebutuhan pengelola UMKM. Tahap pelatihan dan workshop fokus pada pemisahan keuangan usaha dan pribadi, penganggaran bulanan, dan pengelolaan hutang. Evaluasi dilakukan dengan survei pasca-workshop untuk menilai efektivitas kegiatan.

Workshop diikuti oleh 45 pelaku UMKM dan dinilai berhasil jika terjadi peningkatan pengetahuan peserta sebesar 55%. Hasil survei menunjukkan bahwa 77,8% peserta merasa sangat puas, 72,2% puas dengan kompetensi pembicara, dan 83,3% setuju bahwa materi meningkatkan pemahaman mereka tentang pengelolaan keuangan usaha.

Diharapkan, pelatihan ini meningkatkan kemampuan UMKM dalam mengelola keuangan, membuat keputusan yang lebih cerdas, dan mengoptimalkan pertumbuhan bisnis, sehingga meningkatkan daya saing dan keberlanjutan bisnis mereka

Downloads

Published

2024-05-31